Selayang Pandang

UPT. Perpustakaan B.J. Habibie Politeknik Negeri Ujung Pandang merupakan unit yang berperan penting dalam mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Politeknik. Ketersediaan sumber-sumber informasi, fasilitas, layanan perpustakaan yang memadai dan berkualitas merupakan faktor utama optimalisasi peran Perpustakaan terhadap pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi.

Di sisi lain, Perpustakaan harus berperan aktif dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan menjadikan Perpustakaan Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai perpustakaan akademik yang unggul dengan menyediakan sumber-sumber informasi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan akademik dan penelitian.\

Tugas dan tanggung jawab yang diemban Perpustakaan tidak ringan terkait dengan dukungan terhadap pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan visi misi Politeknik. Ekspektasi pemustaka (pengguna perpustakaan) terhadap layanan perpustakaan berkualitas terus meningkat dan dinamis. Pada saat bersamaan, kemampuan Politeknik dan Perpustakaan yang terbatas menyebabkan ekspekstasi dan harapan itu tidak dapat direspons secara optimal.

Penyelenggaraan Perpustakaan B.J. Habibie selama periode tahun 2016 dipaparkan dalam laporan ini. Di samping itu, diuraikan juga berbagai hasil/capaian, hambatan dan usaha penanggulangannya. Semoga laporan tahunan ini akan menjadi dasar pertimbangan bagi pimpinan Politeknik dan para pemangku kepentingan guna peyempurnaan program dan kegiatan terkait dengan penyelenggaraan Perpustakaan. Selanjutnya, laporan ini diharapkan menjadi masukan dan bahan evaluasi bagi pimpinan Politeknik terhadap fakta belum optimalnya perhatian terhadap pengembangan perpustakaan selama ini. Harapan selanjutnya pimpinan menetapkan berbagai kebijakan strategis yang mendukung penyelenggaraan Perpustakaan Politeknik secara optimal sebagai bagian penting dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.